Arab Saudi Minta Qatar Hentikan Bantuan kepada Hamas

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) – Hamas mengungkapkan keterkejutannya pada hari Rabu (7/6/2017) atas permintaan Arab Saudi bahwa Qatar mengakhiri dukungannya terhadap gerakan perlawanan Palestina tersebut ketika ketegangan meningkat antara negara-negara Teluk Arab.

Arab Saudi dan sekutunya memutuskan hubungan dengan Qatar pada hari Senin setelah menuduh negara kaya gas itu mendukung ekstremisme di wilayah tersebut.

Pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al-Jubeir mengatakan bahwa untuk membangun kembali hubungan, Doha harus mengurangi dukungannya terhadap kelompok “ekstremis”, termasuk Hamas.

Dia mengatakan Qatar mendukung Hamas, yang menjalankan Jalur Gaza, “merongrong Otoritas Palestina.”

Dalam sebuah pernyataan di situsnya, Hamas mengatakan bahwa partai tersebut merasa “sangat keberatan dan tidak setuju” atas pernyataan Saudi tersebut.

“Pernyataan ini mengejutkan orang-orang Palestina dan negara Arab dan Islam kita, yang menganggap kasus Palestina adalah penyebab utamanya,” kata pernyataan tersebut.

Hamas memenangkan pemilihan parlemen Palestina pada tahun 2006 namun tetap masuk daftar hitam sebagai kelompok teroris oleh Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Gerakan perlawanan Palestina itu merebut Gaza dalam sebuah hampir perang sipil dengan pasukan yang setia kepada presiden Palestina Mahmud Abbas pada tahun 2007. Kedua faksi tersebut sejak itu telah berselisih.

Hamas telah bertempur dalam tiga perang dengan Zionis Israel sejak 2008, dan negara Yahudi tersebut memberlakukan blokade yang melumpuhkan di Gaza.

Qatar telah menyediakan ratusan juta dolar untuk rekonstruksi Gaza sejak konflik terakhir dengan Israel pada tahun 2014. (st/Nahar)

Komentar Redaksi :

Negara macam apa Arab Saudi itu?,  terhadap HAMAS yang ingin mengambil hak wilayahnya yang di rampas Israel dikatakan Extrimis/Teroris, dan Qotar yang ingin membantu sesama saudaranya seiman dilarang?  Apakah perang dalam rangka mengambil wilayahnya sendiri dikatakan terorisme?  Ya Allah Sadarkanlah Mereka…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s