JIN QORIN, APA, UNTUK APA DAN MENGAPA ADA

Pernahkah anda merasa malas Shalat berjamaah, berat kakinya melangkah ke masjid? Malas berdakwah? Pernahkah anda begitu malas membaca Al Qur’an, bahkan memegangnya saja sungkan? Pernahkah anda suka menghayal yang bukan-bukan? Keinginan untuk bermaksiyat? Ingin Marah? Waswas dan takut tidak beralasan?

jin-qorin-dan-membentenginya

Ketahuilah itu adalah bisikan Jin Qorin.! Qorin adalah setan yang ditugasi untuk menyesatkan manusia dengan izin Allah. Dia bertugas memerintahkan kemungkaran dan mencegah yang ma’ruf. Allah SWT berfirman :

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِالْفَحْشَآءِ وَاللهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلاً وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Setan menjanjikan kefakiran untuk kalian dan memerintahkan kemungkaran. Sementara Allah menjanjikan ampunan dan karunia dari-Nya. Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 268)

Akan tetapi, jika Allah memberikan karunia kepada hamba-Nya berupa hati yang baik, jujur, selalu tunduk kepada Allah, lebih menginginkan akhirat dan tidak mementingkan dunia maka Allah akan menolongnya agar tidak terpengaruh gangguan jin ini, sehingga dia tidak mampu menyesatkannya. (Majmu’ Fatawa, 17:427)

Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,

وَإِيَّايَ إِلاَّ أَنَّ اللَّه أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلا يَأْمُرنِي إِلاَّ بِخَيْرٍ

Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karen itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim)

 Berlindung dari Godaan Syaithon

Oleh karena itu setelah memahami hakekat Jin Qorin, dan tugasnya seperti diatas, maka sudah seharunya seorang hamba sadar betul siapa musuh nyatanya yang selalu membisikkan keburukan di dalam jiwa kita. Maka hanya kepada Allah sajalah kita berlindung dari keburukan dan tipudayanya.  Allah berfirman,

وَإِمَّا يَنَزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللهِ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Apabila setan menggodamu maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-A’raf: 200)

Jin Qorin berbeda dengan jin lainnya. Jin Qorin ada di dalam tubuh manusia sejak manusia dilahirkan yang terus menyertai manusia hingga meninggal dunia. Setelah manusia meninggal jin qorin akan berpisah dengan badan manusia. Jin Qorin tidak bisa diruqyah, atau dikeluarkan dengan cara ruqyah,  dia diciptakan Allah dengan misi untuk membisikkan  hal-hal kemungkaran kepada manusia [ kecuali qorin yang ada pada nabi SAW].

Melawan jin qorin hanya dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah, sehingga pengaruh bisikannya akan melemah seiring dengan peningkatan ketaqwaan kepadaNya.Itulah hakekat ujian dari Allah, terhadap siapa yang beriman dan siapa yang tidak.

Senjata Melawan Makar Setan adalah Ikhlas

Nabi pernah bertanya pada Iblis : “Siapa orang yang ikhlas menurutmu ?”

“Tidakkah kau tahu wahai Muhammad, bahawa barang siapa yang menyukai emas dan perak, ia bukan orang yang ikhlas. Jika kau lihat seseorang yang tidak menyukai dinar dan dirham, tidak suka pujian dan sanjungan, aku boleh pastikan bahawa ia orang yang ikhlas, maka aku meninggalkannya. Selama seorang hamba masih menyukai harta dan sanjungan dan hatinya selalu terikat dengan kesenangan dunia, ia sangat patuh padaku.”

Dari Zaid bin Arqam Radiallahuanhu meriwayatkan bahawa Rasulullah SAW bersabda yang maksudnya, “Barangsiapa yang mengucapkan ‘Lailahaillallah’ dengan ikhlas, dia akan dimasukkan ke dalam syurga.” Lalu ditanya kepada baginda SAW, “Bagaimanakah yang dimaksudkan dengan ikhlas itu?” Rasulullah SAW bersabda, “Ikhlas itu ialah yang mencegah dari melakukan perbuatan-perbuatan yang haram.” (Hadis riwayat at-Tabarani).

Bisakah kita Melihat Jin Qorin?

Pada hakekatnya manusia tidak bisa melihat jin. Jin dari kata janna-yajinnu-jinan, yang artinya tersembunyi, tidak tampak, gelap.. Jadi Jin Qorin termasuk jenis Jin yang manusia tidak bisa melihatnya.  Jika ada manusia yang sering bisa melihat jenis makhluk Jin, maka ketahuilah dalam dirinya terdapat jenis jin lain selain jin qorin yang terdapat dalam tubuhnya yang berinteraksi dengan jenis jin lainnya yang di luar tubuh.

Allah SWT Berfirman :

إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لا تَرَوْنَهُمْ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاءَ لِلَّذِينَ لا يُؤْمِنُونَ

“Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman”. [ Al A’raf : 27]

Oleh karena itu para dukun dan tukang sihir dengan berbagai cara dan sarana digunakan untuk memanggil atau menggunakan media tertentu untuk bisa berkomunikasi dengan jin, dan agar bisa melihat jin. Itu semua adalah praktek bid’ah dan bentuk kemusyrikan dan harus dijauhinya.

Wallahu a’lam bi ash-shawab. Arif T Al Qondaly

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s