MEMAHAMI MAKNA BARAKAH

MAKNA BARAKAH DALAM KEHIDUPAN

Dalam bahasa Arab, barokah bermakna tetapnya sesuatu, dan bisa juga mempunyai makna bertambah atau berkembangnya. Al Barakah adalah kebaikan yang banyak lagi tetap. Al Barakah (keberkahan) adalah kebaikan yang banyak dan tetap pada sesuatu, baik harta, anak maupun ilmu.

Syarah Shahih Muslim karya Imam Nawawi disebutkan, berkah memiliki dua arti: (1) tumbuh, berkembang, atau bertambah; dan (2) kebaikan yang berkesinambungan. Menurut Imam Nawawi, asal makna berkah ialah “kebaikan yang banyak dan abadi

Menurut istilah, berkah (barokah) artinya ziyadatul khair, yakni “bertambahnya kebaikan” (Imam Al-Ghazali, Ensiklopedia Tasawuf, hlm. 79). Ibnul Qayyim rahimahullah , mengartikan keberkahan tersebut adalah” langgengnya kebaikan dan berlipat-lipatnya atau bertambahnya kebaikan”.

Sebagian ulama mendefinisikan tentang Al barakah dengan mengatakan : Albarokatu tuziidukum fi thoah ” [ barokah memberi/menambah taatmu pada الله.]

Barakah di dalam Al Qur’an dan As Sunnah.

Barokah bisa bermakna kebaikan, keselamatan, serta kesejahteraan terdaftar dalam ayat di bawah ini :

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالأرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

” Bila seumpamanya masyarakat negeri-negeri itu beriman serta bertakwa, pastilah Kami bakal melimpahkan pada mereka barokah dari langit serta bumi. ” (QS. Al-A’raf : 96).

Sungguh, Allah menguji hamba-hamba-Nya dengan pemberian-Nya. Barangsiapa ikhlas dengan pembagian Allah terhadapnya, maka Allah bakal memberi keberkahan baginya serta bakal memperluasnya. Serta barangsiapa tak ikhlas, maka akan tidak memperoleh keberkahan. ”
(HR. Ahmad).

Dari sekian definisi dan pengertian baik secara bahasa maupun secara istilah, didapati kesimpulan bahwa barakah itu adalah bertambahnya ketaatan kepada Allah SWT. Oleh sebab itu setiap kejadian yang mengitari hamba, baik berupa kebaikan ataupun keburukan, selama kejadian tersebut menambah ketaatan kepada Allah disebut berkah.

Contoh Berkah dalam kehidupan

Sebagai contoh, Masalah sakit yang diderita seorang hamba. Apa yang terjadi pada sahabat nabi Ubay bin Kaab, ketika sakit demam, ia meminta dido’akan Nabi. Maka ketika nabi mengatakan bahwa demam itu menghapus dosa [ kafarat], maka Ubay bin Kaab meminta nabi untuk tidak didoakan sembuh. Lalu dia berdo’a “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta, agar Engkau tidak menghilangkan demam panas ini dari tubuh Ubay bin Ka’ab, hingga aku bertemu dengan-Mu. Tetapi janganlah demam ini menghalangi aku dari shalat, puasa, haji dan jihad di jalan-Mu.” Sakit yang diderita Ubay bin Kaab sepanjang hidupnya itu termasuk berkah, karena menambah ketaatan dan bahkan menghapus dosa [ kafarat].

Demikian juga umur pendek bukan berarti tidak barakah, seperti Saat bin muadz yang diberi umur 40 tahun, ia hidup mati membela perjuangan Nabi SAW. Hingga saat meninggal dunia ternyata singgasana Arsy berguncang karena kematiannya.

Miskin juga bukan berarti tidak berkah, sebagai contoh Imam Ali ra adalah sahabat yang sangat miskin. Kemiskina Ali ra justru semakin kyusu’ dalam beribadah dan semakin semangat dalam jihad fi sabilillah. Beliau juga termasuk khulafaur rasyidin yang dijamin masuk syurga.

Sebaliknya, banyak kita saksikan seorang yang sehat, kaya raya, jarang sakit, anak-anaknya sukses namun mereka keluarga yang jarang ibadah. Mereka dilulu Allah [ istidroj] oleh Allah. Orang ini justru tidak berkah karena hidupnya tidak untuk beribadah kepada Allah. Hidup yang dilaluinya tidak menambah ketaatannya kepada Allah bahkan sebaliknya. Na’udzubillahi mi dzalik.

Oleh karena itu wahai saudaraku, janganlah mengeluh dan putus asa jikalau engkau dalam kesulitan hidup, atau misal belum diberi kesembuhan dari sakitmu, tetaplah bersyukur dan taat, karena sakitmu itu kafarat dosa, dan ketaatanmu disaat sakit itu menambah keberkahanmu dalam hidup.

Jadi hidup dikatakan berkah jika hidupnya senantiasa dalam ketaatan kepada Allah SWT, apapun kondisinya. Wallahu a’lam bi ash-showab | Arif T Al Qondaly

Advertisements

One thought on “MEMAHAMI MAKNA BARAKAH”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s